Tulus

Muhammad Tulus, pria kelahiran Bukttinggi, Sumatera Barat ini adalah lulusan strata 1 pendidikan teknik arsitektur di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Memiliki kecintaan terhadap musik walau tidak dibesarkan di keluarga pemusik. Tulus dekat dengan musik semenjak sedari kecil dulu diperdengarkan banyak ragam oleh Ibu kandungnya.

Setelah menyelesaikan proses pembuatan album perdananya, September 2011, TULUS menggelar konser tunggal berskala kecil, sebagai marka awal dimulainya perjalanan musik Tulus. Energi gelaran kecil kala itu, memberi pengaruh besar dalam tiap langkah Tulus. Album berjudul namanya, Tulus. Dibangun dengan merdeka berisi 8 nomor karya.

Menjadi musisi dengan frekuensi pemutaran tertinggi di radio nasional dan meraih penghargaan sebagai pendatang baru terbaik oleh Majalah Rolling Stone Indonesia 2013.

TULUS mewakili Indonesia di “Sounds of Indonesia” Hamburg, Jerman, untuk memperkenalkan karyanya disana bersama Yayasan Indonesia Mengajar.

Pada Februari 2014, album bertajuk ‘Gajah’, menjadi langkah kedua TULUS. Dalam waktu singkat, Gajah berhasil menduduki peringkat teratas sebagai album yang paling banyak dibeli di iTunes. Album Gajah terjual sebanyak 30.000 keping dalam 10 hari.

“Bintang Terang Bernama TULUS” menjadi tajuk sampul Rolling Stone Indonesia pada Mei 2014 seiring dengan dinobatkannya TULUS sebagai “Penyanyi Pria Terbaik” dalam ajang Indonesian Choice Award Netmediatama.

TULUS terus berjalan dengan segala kerja keras, perjuangan dan dukungan yang amat sangat berharga dari seluruh pendengarnya. Oktober 2014, nama TULUS tercatat sebagai nominator dalam beberapa kategori di Anugerah Planet Muzik 2014 untuk negara Indonesia, Singapura dan Malaysia. Dalam ajang penghargaan tersebut, TULUS berhasil membawa pulang penghargaan Artis Baru Lelaki Terbaik untuk lagu Jangan Cintai Aku Apa Adanya.

Di akhir tahun 2014, majalah HAI memilih TULUS sebagai Artist of The Year 2014, sekaligus membawa pulang 3 penghargaan sekaligus untuk kategori Best Male, Best Pop dan Best Album 2014 versi Readers Poll HAI Magazine.

Majalah Rolling Stone Indonesia di awal tahun 2015, menetapkan album ‘Gajah’ sebagai Album Indonesia Terbaik di tahun 2014.

Akhir 2014 lalu, TULUS telah mengadakan konser tunggal ke-4 bertajuk Konser Gajah TULUS Bandung dengan target pengunjung tercapai hingga 3500 penonton. Konser tunggal yang diadakan kelima kalinya, Konser Gajah TULUS Jakarta berhasil mendatangkan 5500 penonton.

Maret 2015 ini, TULUS akan kembali mengadakan Konser tunggalnya keenam, yang bertajuk Konser Gajah Yogyakarta.