De Lagaligo Syndicate

Jazz, Ethnic

 

Awalnya band ini terbentuk karena keiinginan kuat para pendiri untuk menghadirkan sebuah band jazz yang memberdayakan potensi lokal anak muda Makassar, maka pada tahun 2009 De Lagaligo Syndicate terbentuk.

De Lagaligo Syndicate digawangi oleh Andi Mangara (percussion), Marshal (keyboard), Yogi (saxophone), Yanuar (bass), Bhur Ago (drums), Juli (vocal) dan Imhe (etnic prcussions) untuk memperkaya music De Lagaligo Syndicate dengan warna kedaerahan Sulawesi Selatan.

Nama Lagaligo diambil dari nama sebuah kisah dari literature terkenal dan terpanjang sepanjang sejarah manusia yaitu “I Lagaligo” yang mengisahkan perjalanan seorang manusia hingga ke tanah Tiongkok.

Semangat itu yang ingin dilanjutkan oleh band De Lagaligo Syndicate dengan repertoire yang dikemas apik antara music modern dan music tradisional Sulawesi Selatan.

Dalam perjalanannya band De Lagaligo Syndicate banyak menyita perhatian penikmat music, bukan hanya di Makassar tapi juga di beberapa daerah lainnya. Hal ini dibuktikan dengan tampilnya band De Lagaligo Syndicate di event bertaraf Internasional, seperti :

  • Negarakertagama Jazz Festival di Surabaya tahun 2009
  • Bandung World Jazz Festival di Bandung tahun 2010
  • Road to Java Jazz Festival di Makassar tahun 2012
  • Makassar Jazz Festival di Makassar tahun 2011 – 2013
  • Tadulako Jazz Festival di Palu tahun 2014

 

Format music De Lagaligo Syndicate rupanya sangat pas untuk memperkenalkan keragaman seni music dan tradisi kontemporer Sulawesi Selatan di panggung music nasional bahkan internasional.