Penampilan De Lagaligo Syndicate di Indonesian Festival: Pesta Rakyat (IFPR) 2014 – Netherlands

de-lagaligo-01

Penampilan De Lagaligo Syndicate

Dalam rangka meningkatkan promosi Indonesia di Belanda, terutama promosi kuliner dan budaya Indonesia, KBRI Den Haag telah menyelenggarakan “Indonesian Festival: Pesta Rakyat (IFPR) 2014”, di halaman Sekolah Indonesia Netherlands (SIN)-Wassenaar, pada Sabtu, 6 September 2014. Kegiatan tersebut sekaligus diselenggarakan sebagai rangkaian penutup perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-69.

Sekitar 9,000 pengunjung hadir dalam IFPR 2014 kali, baik warga warga Indonesia maupun warga negara asing (Belanda, Belgia, Jerman, dan warga asing lainnya) dari berbagai latar belakang. Hadir sebagai tamu undangan Mr.Jan Hoekema, Walikota Wassenaar.

Dubes RI Den Haag, Retno L.P. Marsudi dalam sambutannya menyampaikan bahwa IFPR 2014 juga menjadi ajang silaturahmi masyarakat Indonesia sekaligus mempererat hubungan Indonesia Belanda termasuk hubungan kedua masyarakatnya. IFPR adalah sarana untuk semakin memantapkan promosi Indonesia di Belanda baik budaya, kuliner dan produk Indonesia. Secara khusus, Dubes menyampaikan apresiasi kepada Walikota Wassenaar dan jajarannya yang selalu memberikan dukungan dan support penyelenggaraan kegiatan KBRI di wilayah Wassenaar. Di wilayah Wassenaar ini, terdapat 5 properti Indonesia diantaranya Wisma Duta, Wisma Tamu dan SIN.

Sementara itu, Walikota Wassenaar, Mr. Jan Hoekema, menyampaikan apresiasi penyelenggaraan acara IFPR yang juga sangat diminati warga Belanda dan warga asing lainnya. Koordinasi KBRI dan pihak-pihak terkait cukup baik sehingga event dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak tersebut berlangsung lancar, aman, dan tertib. Pihak Pemerintah Kota (Gementee) Wassenaar juga sangat bangga menjadi menjadi bagian (part of the event) IFPR, dan mengharapkan kerjasama kedua pihak akan terus kuat di masa mendatang.

de-lagaligo-03

Vokalis De Lagaligo Syndicate: Adella Ranggong dan Youla Sualang

Berbagai kegiatan promosi dan hiburan ditampilkan dalam IFPR 2014, antara lain bazar produk Indonesia,bazar kuliner Indonesia, lomba anak-anak dan budaya Indonesia. Pada promosi budaya Indonesia, ditampilkan tarian – tarian tradisional oleh SIN dan Parmasit Eindhoven, serta ansamble angklung anak-anak Indonesia, dan gamelan siswa siswi SIN. Tampil pula beberapa band Indonesia di Belanda antara lain The Tuning Band dan Challenge Band, serta artis/penyayi dari Indonesia antara lain Indra Kuswara, De Lagaligo Syndicate, Terry dan Denada Tambunan. Kegiatan panggung budaya IFPR 2014 dipandu oleh MC Obbie dan Feba.

Pada segmen promosi produk dan kuliner Indonesia, terdapat 10 peserta bazaar produk Indonesia, serta lebih dari 50 peserta bazaar kuliner yang tergabung dalam 35 marktkram (stand). Disamping itu, terdapat beberapa stand informasi kemasyarakatan seperti Diaspora Indonesia, Indonesia Satu (Asosiasi Chef Indonesia di Belanda), PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) dan SIN.

IFPR adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan KBRI Den Haag. Selain itu, kegiatan ini juga telah dimasukkan dalam agenda festival masyarakat tahunan (annual community festival) oleh Pemerintah Kota Wassenaar, sehingga tingkat partisipasi pengunjung WN Belanda dan warga asing lainnya juga mengalami peningkatan yang signifikan.

partisipan

Performer Pesta Rakyat 2014 bersama Duta Besar RI di Den Haag, Ibu Retno L.P. Marsudi

 

Sumber:

KBRI Den Haag